Press "Enter" to skip to content

Penyusunan Proposal PKM-Kewirausahaan yang Berkualitas

milenial 0

Sebelum menuju sistematika penulisan proposal perhatikan hal-hal berikut!

penting

  • Inti Kegiatan: Produk iptek sebagai komoditas usaha mahasiswa
  • Kriteria keilmuan: tidak terikat bidang ilmu
  • Pendidikan: Diploma dan S1
  • Anggota: 3-5 orang
  • Pendanaan: Rp 5 – 12,5 juta (Sumber dana berasal dari Ditjen Belmawa, internal Perguruan Tinggi, dan pihak lain. Jika ada sumber dana selain dari Ditjen Belmawa, maka surat pernyataan bantuan dana dari pemberi dana wajib dilampirkan, dan jumlahnya tidak boleh lebih dari 50% dana yang diterima dari Ditjen Belmawa)
  • Luaran : Laporan Kemajuan, Laporan akhir, Artikel Ilmiah, dan produk usaha.

Sistematika Proposal Kegiatan

ide

Mahasiswa menyusun dan mengunggah proposal yaitu isian kelengkapan (sampul dan pengesahan), halaman utama (daftar isi, halaman inti dan lampiran), halaman inti (pendahuluan sampai dengan daftar pustaka) maksimum 10 (sepuluh) halaman.

Berkas diunggah ke SIMBelmawa dengan penamaan file (sesuai format masing-masing bentuk PKM) untuk divalidasi dosen pendamping dan disahkan oleh pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan.

Proposal ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,15 spasi, ukuran kertas A-4, margin kiri 4 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm. Halaman kelengkapan sampul sampai dengan daftar isi diberi nomor halaman dengan huruf: i, ii, iii,… dst., yang diletakkan pada sudut kanan bawah. Halaman utama yang dimulai dari pendahuluan sampai dengan lampiran diberi nomor halaman dengan angka arab: 1, 2,3,…dst, yang diletakkan pada sudut kanan atas. Format penulisan mengikuti sistematika sebgaai berikut:

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

BAB 1. PENDAHULUAN

(Uraikan latar belakang, atau alasan yang mendasari disusunnya proposal PKM-K, apakah berdasar atas hasil riset pasar atau inisiatif sendiri untuk membuka pangsa pasar. Ungkapkan pula jenis dan spesifikasi teknis komoditas yang akan menjadi modal berwirausaha)

  • Latar Belakang
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan
  • Luaran yang Diharapkan
  • Manfaat Program

BAB 2. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

(Pada bab ini, uraikan kondisi umum lingkungan yang menunjukkan potensi sumberdaya dan peluang pasar termasuk analisis ekonomi usaha yang direncanakan. Sajikan secara singkat untuk menunjukkan kelayakan usaha (cash flow minimal untuk 1 tahun ke depan yang dapat menunjukkan keberlanjutan usaha)

BAB 3. METODE PELAKSANAAN

(Metode pelaksanaan menyajikan uraian tentang teknik/cara membuat komoditas usaha, mengemas dan memasarkannya sekaligus tahapan pekerjaan dalam pencapaian tujuan program)

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Anggaran Biaya

Rekomendasi bagi pengalokasian dan penggunaan dana PKM-K, adalah 80% untuk kebutuhan operasional dan 20% untuk kebutuhan administrasi. Khusus untuk biaya perjalanan PKM-K, dilakukan sefisien mungkin (at cost).

NoJenis PengeluaranBiaya (Rp)
1.Perlengkapan Yang Diperlukan
2.Bahan Habis Pakai
3.Perjalanan
4.Lain-lain
Jumlah

4.2 Jadwal Kegiatan

No.Jenis KegiatanBulan ke-1Bulan ke-2BUlan ke-3Bulan ke-4Bulan ke-5
1.Kegiatan 1
2.Kegiatan 2
3.Kegiatan 3
4.Kegiatan 4
5.Kegiatan 5

DAFTAR PUSTAKA

Daftar Pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber dengan jarak 1 spasi. Hanya pustaka yang dikutip dalam proposal penelitian yang dicantumkan didalam daftar pustaka

LAMPIRAN

Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota, Biodata Dosen Pendamping

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas

Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Pelaksana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *