Press "Enter" to skip to content

7 Hal Penting Program Kreativitas Mahasiswa, Pemula Wajib Tau!!

milenial 5

Haloo teman-teman mahasiswa! Dalam program #mahasiwaproduktif pena milenial bakal sharing sedikit ilmu tentang kepenulisan karya tulis ya! So, kepoin sampai bawah!

Melalui website ini, pena milenial ingin bagi bagi ilmu tentang Program Kreativitas Mahasiswa atau biasanya disebut dengan PKM. Mungkin masih banyak yang masih awam dengan karya tulis satu ini ya. Terutama bagi kalian yang gak hobi banget sama menulis. But its okey guys, kuncinya  cuma satu, kalian harus yakin dengan diri kalian sendiri!!!

Hal pertama yang harus ada dalam pkm itu adalah ide/gagasan. Pada umumnya, mahasiswa itu dituntut untuk mempunyai ide yang bisa meringankan permasalahan yang dihadapi di lingkungan kita.  kenapa sih PKM itu dilatar belakangi oleh sebuah ide untuk pemecahan suatu masalah? apa fungsi PKMsebenarnya? apakah PKM hanya untuk mahasiswa saja? dan mungkin masih banyak hal yang kalian pertanyakan. Simak beberapa uraian dibawah ini, untuk menjawab semua pertanyaan yang ada di pikiran kalian!!

Apa itu PKM?

PKM merupakan singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa. PKM ini menjadi salah satu karya tulis ilmiah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia guna mewadahi kreativits dan inovasi para mahasiswa yang memiliki potensi dalam bidangnya. Akan tetapi, karya tulis satu ini biasanya membahas tentang sebuah ide yang bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar kita. Contohnya, di lingkungan rumah kalian banyak limbah kulit durian bahkan limbah tersebut dapat mengganggu pejalan kaki yang lewat. Maka kalian bisa mengolah limbah kulit durian tersebut menjadi abon misalnya, atau bahkan bisa kalian olah menjadi bahan anti nyamuk. Intinya seperti itu , jadi pada dasarnya karya tulis satu ini memang memprioritaskan ide untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada di sekitar kita.

Lalu apa bedanya dengan karya Tulis ilmiah yang lain? KIR (Karya Ilmiah Remaja) misalnya?

Mungkin itu beberapa pertanyaan dari kalian yang masih bingung dengan PKM. Oke! Jadi gini guys, PKM itu tidak berbeda jauh dengan karya tulis yang lain, hanya saja PKM ini lebih dikhususkan untuk tingkat mahasiswa. Di setiap universitas, Institut atau bahkan Politeknik pasti ada yang namanya PKM.

PKM ini salah satu program dari Kemristekdikti yang dibuat untuk tingkat mahasiswa di seluruh Indonesia. Nah! Inilah salah satu pembeda PKM dengan karya tulis ilmiah lainnya. Selain itu, jika nanti kalian lolos dalam pendanaan maka kalian akan diberi dana sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan dalam PKM yang telah kalian daftarkan. Sayangnya, untuk menuju tahap pendanaan ini sangat susah guys, karena jurinya langsung dari Ditjen Belmawa, yaaaa bisa dibilang udah kelas atas sih karena seleksinya lumayan ketat dan itupun bukan hanya milik kalian aja ya guys. Karya kalian juga akan bersaing dengan mahasiswa lain yang gak kalah keren!!

Sedangkan Karya Ilmiah Remaja lebih umum mengarah ke kelompok ilmiah remaja atau biasanya tergolong dalam ekstrakurikuler tingkat menengah, tetapi tetap ada pedoman sesuai dengan kebijakan yang mengadakan.

Tujuan dibuatnya PKM?

Bersumber dari pedoman PKM tahun 2020, PKM secara umum bertujuan untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang (1) tahu dan taat aturan; (2) kreatif, inovatif dan (3) objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Apakah PKM hanya untuk Mahasiswa?

Ya! Jadi udah dijelaskan diatas bahwa PKM hanya dikhususkan untuk mahasiswa saja. Namanya juga Program Kreativitas Mahasiswa, pasti sudah ketebak kan untuk siapa karya tulis satu ini. Tapi pada dasarnya PKM ini sama saja dengan karya tulis ilmiah lainnya ya guys, inget! Hanya beda penjurian dan pendanaannya saja. Untuk formatan dan isinya bisa saja sama tergantung bagaimana kebijakan dari yang mengadakan program atau lombanya saja.

Apakah PKM hanya ada 1 Jenis saja?

Bagi kalian yang beranggapan PKM hanya satu jenis saja, maka kalian salah besar. Untuk saat ini PKM terbagi menjadi 5+2, antara lain:

  • PKM-Penelitian (PKM-P)
  • PKM-Kewirausahaan (PKM-K)
  • PKM-Pengabdi kepada Masyarakat (PKM-M)
  • PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)
  • PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
  • PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK)
  • PKM-Karya Tulis (PKM-KT)

Untuk PKM-Karya Tulis terbagi lagi menjadi 2, yaitu:

  • PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)
  • PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)

Baca juga: Jenis-jenis PKM

Lalu Apa Untungnya Kita Membuat PKM ini?

Banyak benefit yang akan kalian dapatkan dalam pembuatan PKM ini

  1. PKM yang lolos dari seleksi kampus masing-masing biasanya mendapatkan reward berupa uang tergantung kebijakan kampus.
  2. Jika PKM kalian telah dinyatakan lolos tahap akhir, maka kalian akan mendapatkan uang pendanaan sesuai dengan dana yang kalian butuhkan dalam mewujudkan karya kalian tersebut.
  3. Semakin banyak jumlah PKM yang lolos dari kampus kalian maka akan berpeluang besar untuk menjadi juara umumnya.
  4. Kalian akan bertemu dengan banyak mahasiswa luar kampus yang ga kalah keren, dan pastinya bisa dong buat menambah pertemanan atau bahkan bisa kok buat cari jodoh hehehe.
  5. Selain itu, PKM ini juga mengajarkan agar kita bisa:
    • Kerja Sama Tim
    • Inovatif
    • Kerja Keras
    • Kreatif
    • Berbahasa Nalar

Semua PKM akan bermuara ke PIMNAS, kecuali PKM-AI. PKM-AI akan langsung dimuarakan ke jurnal ilmiah dan Akreditasian e-proceeding.

Lalu apa itu PIMNAS?

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Upqidrt5awA

PIMNAS singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. PIMNAS merupakan tahap akhir atau puncak kegiatan ilmiah mahasiswa sebagai wadah bagi mahasiswa peserta untuk mempresentasikan, saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. PIMNAS di selenggarakan di Perguruan TInggi yang ditetapkan Ditjen Belmawa atas kesedian dan kesepakatan seluruh pimpinan Perguruan Tinggi.

Gimana? Udah pengen main-main di PIMNAS? Yuk! Siapkan karyamu untuk membanggakan kampusmu!

Jangan Buat Nama Kamu Besar Karena Kaampusmu, Tapi Besarkanlah Nama Kampusmu dengan Karyamu!

  1. Deva Trif Bian Deva Trif Bian

    Boleh dong share kasi tau jadwal pkm taun ini k email juga gkpp kak

    • Nanti untuk jadw PKM dan juga pengumuman finalis juga bakal dipublikasikan kok kak

  2. Salma Salma

    Waah edukatif bgt ni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *