Press "Enter" to skip to content

Jangan Sampai Salah Kamar! Ini Perbedaan 7 PKM Yang Wajib Mahasiswa Ketahui!

milenial 0

Haloo guys! kali ini, pena milenial akan membahas tentang topik yang sama ya, masih mengenai PKM. kali ini bakal khusus ke jenis-jenis PKM nya. eitsss…wajib baca sampai selesai ya! Jadi bukan hanya masalah pengertiannya aja, kita bakal bahas secara rinci apa, siapa, dimana, kapan, dan bagaimana perbedaan PKM yang wajib kalian ketahui sebelum diikut lombakan. So, jangan sampai salah kamar ya guys, karena penempatan PKM yang benar juga menjadi poin yang penting supaya bisa lolos pendanaan.

Sebelumnya udah pada tau kan, jenis-jenis PKM ada berapa? di artikel sebelumnya udah dibahas loh, yang belum baca silakan di baca dulu Apa itu PKM?

PKM itu bukan hanya terdiri dari 1 jenis saja, tapi banyak macamnya. bahkan kalian bakal sempat keliru mana jenis PKM yang sesuai dengan ide kalian. pada umunya, PKM dibagi menjadi 5+2, antara lain:

PKM-Penelitian (PKM-P)

PKM-Penelitian merupakan PKM yang berupaya untuk memberikan solusi ilmiah terhadap permasalahan dan kebutuhan yang sudah ada di masyarakat. PKM-P bertujuan untuk mengungkap hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, perilaku sosial, ekonomi, pendidikan kesehatan atau budaya baik dalam aspek eksperimental maupun deskriptif.

Contohnya:

  • Efektivitas Ekstrak Etanol Daun Sirsak Sebagai Penghambat Pertumbuhan Colletotrichum Gloeosporioides Pada Apel Pasca Panen.
  • Fortifikasi Limbah Tepung Rese dan Kulit Singkong pada Pembuatan Pakan Ternak Tinggi Protein dan Serat.
  • Efektifitas Vitamin C Ekstrak Biji Kedondong Terhadap Proses Penyembuhan Radang Tenggorokan.

Mengingat sifat dan metode program yangberbeda maka PKM-Penelitian terbagi menjadi 2, yaitu:

PKM-Penelitian Eksakta (PKM-PE):

  • Meneliti tentang suatu potensi benda untuk digunakan menjadi lebih efektif atau digunakan pada bidang yang lainnya.
  • Biasanya memakai rumus-rumus dalam pembuktian penelitian.
  • Oleh karena itu, PKM ini dikenal dengan sarat ilmunya, dan dalam pada Tanya jawabnya.

PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH):

  • Meneliti tentang suatu potensi daerah/lingkup masyarakat tertentu untuk dikembangkan lebih lanjut.
  • Memakai referensi/rujukan dari para ahli untuk pembenaran data penelitian.
  • Contoh: Analisis Dampak Kuliah Daring Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Mahasiswa Se-Kota Malang.

PKM-Kewirausahaan (PKM-K)

PKM-Kewirausahaan merupakan PKM yang berupaya untuk menciptakan suatu potensi bisnis dari hal yang tidak terduga/nilainya sangat unik di masyarakat. PKM-K bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan komoditas unik serta merintis kewirausahaan yang berorientasi pada profit. Pelaku utama adalah mahasiswa sementara pihak lainnya hanya sebagai faktor pendukung.

Contohnya:

  • Inovasi Produk Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Ketepeng (Senna Alata) Sebagai Komoditas Usaha Antiseptik yang Praktis dan Ekonomis.
  • Puding Sedot Kurkuma (Puding Sedot Rasa Beras Kencur dan Kunyit Asam Madu): Kreasi Olahan Pangan Sehat Berbasis Jamu.
  • Densitas (Deodorant dari Daun Sirih dan Beluntas) Sebagai Pencegahan Bau Badan.

PKM-Pengabdi kepada Masyarakat (PKM-M)

PKM-Pengabdian Masyarakat merupakan PKM yang berupaya untuk memberikan pengabdian kepada beberapa masyarakat tertentu sehingga pengabdian ini bisa memberikan dampak positif lebih kepada masyarakat yang dituju. PKM-M bertujuan untuk menumbuhkan empati mahasiswa kepada persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penerapan iptek kampus yang menjadi solusi tepat bagi persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit. Direkomendasikan merupakan respon persoalan yang disampaikan masyarakat dan bukan inisiatif mahasiswa. Diperlukan surat pernyataan kesediaan bekerjasama antara pengusul dan kelompok masyarakat calon mitra. Surat termasuk disertakan dalam lampiran proposal.

Contohnya:

  • Permen Kopi (Pakan Fermentasi Berbahan Kotoran Sapi): Inovasi Pakan Ternak Guna Meningkatkan Kualitas Produksi Ternak di Desa Sumberbening, Kabupaten Trenggalek.
  • Genius United: Gerakan Belajar Asik Pemberdayaan Masyarakat Buta Huruf di Desa Silo, Jember dengan Metode Berbasis S2E (Social, Education, and Envirotment).
  • Program Edukasi dan Produksi Disinfektan Alami Berbahan Dasar Ekstrak Bambu di Desa Baujeng, Kabupaten Pasuruan.

PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T)

PKM-Penerapan Teknologi merupakan PKM yang bertujuan untuk memberikan solusi teknologi terhadap mitra tertentu sehingga mitra tersebut menjadi lebih terbantu karena penerapan teknologi yang diberikan. PKM-T bertujuan untuk membuka wawasan iptek mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha (usaha mikro hingga perusahaan besar) atau masyarakat yang berorientasi pada profit . Solusi iptek yang diimplementasikan harus merupakan respon persoalan prioritas yang disampaikan calon mitra. PKM-T mewajibkan adanya surat pernyataan kesediaan bekerjasama antara pengusul dan calon mitra yang dilampirkan pada proposal nantinya.

Contohnya:

  • Sistem Irigasi Modular dengan Pemanfaatan PLTA di Lahan Pertanian Kaliasem, Desa Perunggahan, Kabupaten Tuban.
  • INTIMA “ Integrated Tile Manufacturing” di Pabrik Genting Pelita Mas Kecamatan Karangploso Malang.
  • Sistem Monitoring Ketinggian Air dan Suhu Berbasis IOT Pada Tambak Udang di Desa TambakKlekok.

PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)

PKM-Karsa Cipta merupakan PKM yang bertujuan untuk menciptakan suatu inovasi alat baru yang bersifat unik, dan belum pernah ada sebelumnya sehingga karena terciptanya alat ini permasalahan yang dituju dapat diselesaikan tepat sasaran dan efektif.

Contohnya:

  • TIPE NYAMUK : Tirai Pembasmi Nyamuk Sebagai Alat Otomatis Pembasmi Nyamuk yang Aman dan Ramah Lingkungan.
  • SEMPRUD (Sepeda Pemotong Rumput dan Pengisi Daya).
  • Box Ajaib: Inovasi Alat Sterilisasi Uang dengan Kemampuan Membunuh Virus dan Bakteri Melalui Pengaturan Temperatur.

PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK)

PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif berbeda dengan PKM GT, gagasan pada GFK divisualisasikan ke dalam bentuk video animasi berdurasi 10 menit yang diupload dan ditayangkan ke youtube.

“Tujuan dari diadakannya PKM GFK adalah mengelola imajinasi, persepsi, dan nalar mahasiswa serta memikirkan tatakelola futuristik yang bersifat konstruktif,”-Dr. Ir. Andy Suwondo, DEA.

Pada event PIMNAS, GFK diminta untuk presentasi 5 menit + nonton video 10 menit, sehingga konten video GFK harus dibuat sematang mungkin sebelum diupload ke youtube.

PKM-Karya Tulis (PKM-KT)

PKM-Karya Tulis merupakan PKM yang bertujuan untuk menciptakan suatu inovasi-inovasi baru melalui kerya tulis.

Untuk PKM-Karya Tulis terbagi lagi menjadi 2, yaitu:

PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)

Gagasan pada Artikel Ilmiah bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri (studi kasus, praktik lapang, KKN, magang, dan lain-lain). PKM-AI bertujuan untuk memberi pengalaman mahasiswa menghasilkan karya tulis ilmiah.

PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT)

Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu aktual yang dapat ditemukan di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistik. PKM-GT bertujuan untuk meningkatkan daya imajinasi mahasiswa dalam merespon tantangan zaman, umumnya berupa konsep perubahan dan/atau pengembangan dari berbagai aspek berbangsa, bersifat futuristik, jangka panjang, tetapi berpotensi untuk direalisasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *