Press "Enter" to skip to content

Pentingnya Aset Digital Untuk Membangun Strategi Marketing Bisnis

milenial 3

“Maaa, kelihatan buku kecilku nggak? Dimana ya, keburu lagi”,suara itu sudah tak asing lagi bagiku.

Hampir tiap pagi, rumahku berisi teriakan-teriakan kakakku yang entah kenapa seperti alarm bangun tidurku. Telingaku sangat sensitif mendengar teriakan siapapun itu. Dan oknum tersebut telah sukses membuatku terbangun  dipagi ini.

Uang receh menggelinding dan tepat jatuh di depan kakiku ketika aku membuka pintu kamarku sendiri. Baju dilantai, tas tergeletak di kursi, dan buku berantakan. Huft! pemandangan tersebut berhasil menarik perhatianku.

“Yes! Ketemu. Maaa, berangkat dulu ya”.

“Sarapan dulu kak, ini udah matang”, belum sempat selesai berbicara kakakku telah berhasil menjawab mama, “Gak sempet ma, nanti aja biar adek yang nganterin ke toko.”

Dan untuk sekian kalinya, aku menjadi grab food untuk kakakku ini. Sejam kemudian, aku langsung bersiap untuk pergi ke toko kakakku yang tidak jauh dari rumah.

Hanya butuh sekitar 10 menit untuk sampai di toko kakakku. Dan aku sudah melihat seberapa sibuknya kakakku dengan buku catatannya yang tak henti henti mengecek barang barang lain.

Raut wajahnya terlihat lelah tapi masih bisa tersenyum bahagia. Di detik itupun aku tersadar, lama rasanya tak melihat kakakku sebahagia itu. Sebelumnya, toko kakakku pernah hampir bangkrut karena masa pandemi ini. Dan hampir tiap hari aku selalu melihat wajah terpuruknya.

Flashback tujuh bulan yang lalu.

Diberlakukannya #dirumahaja, telah memberikan dampak yang begitu besar bagi semua orang. Tak hanya berdampak pada pendidikan namun segi ekonomi masyarakat juga terpuruk saat itu. Tak banyak yang bisa dilakukan oleh masyarakat apalagi pembisnis kecil seperti kakakku. Kakakku sudah memulai bisnisnya sejak kuliah, dan sebelum itu semuanya berjalan lancar-lancar saja.

Namun, pintu rumah tiba-tiba terbuka dan muncullah wajah kakakku yang terlihat berbeda dari biasanya. Aku penasaran ada apa dengannya, tak biasanya wajah cantik itu murung dan hampir seharian tidak mengobrol.

“kenapa? Penjualan bulan ini menurun drastis?”, Tanya mama.

Saat itu aku fokus dengan cemilan dan Hpku butuh waktu beberapa detik dan akupun sadar, bisnis kakakku ada di ambang kebangkrutan. Dan kita tak mungkin menyalahkan keadaan begitu saja, so? Semenjak itu kita sama-sama mencari jalan keluar untuk mempertahankan bisnis kakakku.

Pernah berfikir untuk menjadi seorang pengusaha? Atau bahkan ada yang telah memulainya? Jika dilihat dari pekerjaanya, menjadi pengusaha sangatlah menyenangkan. Bisa bebas waktu tanpa dikejar deadline dan bahkan bisa mengerjakannya sesuai dengan mood sendiri. Ahh.. rasanya menyenangkan bukan?

Memulai suatu usaha bukanlah perkara yang mudah. Bukan hanya mempersiapkan dan memasarkan saja, tapi lebih dari itu. Menjadi pengusaha yang sukses butuh waktu yang tak instan, bahkan ada yang sudah bertahun tahun tetapi tetap segitu saja tak ada perkembangan.

Apa Yang Harus Dilakukan?

Satu hal yang wajib kalian ketahui tentang bisnis yaitu mengenai strategi untuk  menggaet kostumer. Bukan suatu hal yang mudah untuk mendirikan bisnis yang sukses tanpa adanya kostumer. Kostumer merupakan hal yang paling penting di  dunia bisnis, jadi tak jarang berbagai cara dilakukan oleh para kompetitor untuk mendapatkan kostumer. Kira-kira menurut kalian siapa yang bisa masuk dalam kategori sukses dalam berbisnis? Mereka yang rela berjalan kaki melakukan promosi kesana kesini? Atau mereka yang menghabiskan waktu dan tenaga untuk memperbaiki produk mereka agar menjadi yang terbaik?

Tak ada yang salah dengan semua itu, tapi yang terpenting adalah bagaimana cara kalian berfikir kreatif untuk menghadapi persaingan global yang semakin melonjak saat ini.

SAYA BERBEDA!

Pernah mendengar kutipan quotes diatas?

Dari quotes itu, kalian bisa mengetahui seberapa pentingnya kepercayaan diri. Begitu pula halnya dengan awal mula kalian membangun suatu bisnis. Bukan perkara mengenai seberapa kreatifnya kalian, tapi seberapa beraninya seseorang dalam mengambil resiko untuk strategi bisnisnya.

Salah satunya dengan meyakinkan diri sendiri bahwa tiap orang memiliki perbedaan. Cara kalian yang berbeda dari kompetitor yang lain, menjadikan faktor daya tarik pelanggan itu sendiri.

Tapi kenyataanya saat ini telah banyak ditemukan orang orang yang kreatif dan tampil berbeda. Namun, jika faktor pembeda menurut kalian berdasarkan layanannya atau segi nama itu adalah jawaban yang SALAH!

lalu apa maksud berbeda sesungguhnya?

Maksud berbeda disini ada pada strategi marketing yang dilakukan. Diera yang serba online ini, sudah banyak yang melakukan marketing dengan platform digital. So? Jangan pernah menganggap sepele hal tersebut, karena saat ini strategi marketing melalui platform digital menjadi kebutuhan sehari-hari para competitor. Ingat permasalahan bisnis kakakku yang berada di ambang batas kebangkrutan? Dan solusinya ada pada penggunaan Aset digital dalam strategi marketing bisnis. Sejak itupun, bisnis kakakku bisa terselamatkan, meskipun butuh waktu yang tak singkat.

Pernah mendapat DM instagram untuk menjadi reseller, atau bahkan mendapat penawaran untuk mereview barang di suatu bisnis (endorse)? Kalau ada, pasti kalian sempat tertarik dengan penawarannya bukan?

Dari sini terlihat bahwa sosial media juga memegang peran penting dalam membangun suatu bisnis supaya lebih meluas dan dapat dijangkau banyak orang.

Lalu apakah sosial media saja yang termasuk aset digital pembisnis? TIDAK!!

Aset digital banyak macamnya bukan hanya instagram, facebook atau twitter saja tapi lebih dari itu.

So? Apa sih sebenarnya aset digital itu?

ASET DIGITAL

Aset merupakan sumber ekonomi yang diharapkan bisa memberikan manfaat usaha dikemudian hari

Dalam dunia bisnis, sudah tidak asing jika banyak yang berusaha memenuhi aset fisik mereka. Namun dibalik itu semua, terdapat hal yang tak kalah penting untuk dimiliki yaitu adanya aset digital.

Secara umum Aset digital merupakan sebuah gambar atau tulisan yang berada dalam sebuah perangkat teknologi dan bisa dilihat dalam bentuk format sistem yang berbasis digital. Untuk lebih mudahnya  aset digital seperti aset yang hanya dimiliki melalui perantara teknologi, dimana nantinya bisa mendatangkan banyak manfaat bagi bisnis atau bahkan diri sendiri.

BENTUK  ASET DIGITAL

Setelah mengetahui pengertian dari aset digital, ada beberapa contoh aset digital yang wajib diketahui oleh para pembisnis untuk membantunya dalam membangun strategi marketing.

  • Website

Salah satu strategi digital marketing yang wajib untuk dicoba adalah membuat website. Melalui website yang dibuat, kita bisa meningkatkan personal branding kita sendiri dan tak menutup kemungkinan branding kita bisa dijangkau skala internasional. Website bisa terbilang ampuh dalam meningkatkan personal branding, suatu bisnis yang memiliki website terbilang lebih dipercaya oleh para kostumer.

  • Sosial media

Sosial media sudah tak asing lagi dikalangan masyarakat, bahkan tiap orang pun bisa memiliki lebih dari satu akun sosmed. Dan hal tersebut sudah lumrah, dan tak ada yang menyangka jika saat ini peran sosial media juga sangat berdampak bagi perkembangan bisnis seseorang.

Banyak para kompetitor yang mengandalkan akun sosmed seperti instagram, facebook, twitter, youtube hingga tiktok dalam memasarkan produknya agar lebih dikenal oleh banyak orang.

  • Market place Account

Dari beberapa market place yang terkenal, mana nih yang menjadi langganan kalian untuk membeli suatu barang? Shopee? Toko pedia? Lazada?

Membuat akun market place juga sangat menguntungkan bisnis seseorang, selain membuat produk kalian lebih mudah dicari, market place juga berpengaruh dalam mendatangkan kostumer dari berbagai daerah.

  • List costumer

Mana nih yang sudah masuk grup WA online shop? Pasti banyak dari kalian yang telah bergabung dengan grup olshop lainnya hanya untuk melihat agar tidak ketinggalan informasi fashion, skincare dan yang lainnya.

Beberapa list kostumer dan menggabungkannya dalam suatu grup, menjadi salah satu cara terbaik dalam memasarkan barang. Tak heran jika kalian yang suka berbelanja menjadi target para pembisnis untuk memperkenalkan produknya.

  • Mobile Apps

Satu hal lagi yang tak kalah penting dan jarang dilakukan oleh para pembisnis yaitu Mobile Apps. Salah satu aset digital satu ini jarang dibuat oleh para kompetitor, selain sulit untuk dibuat, para kostumer juga enggan untuk menginstal Mobile Apps tersebut dalam perangkat elektroniknya.

Aset digital telah menjadi konsumsi tiap hari bagi masyarakat. Diperkembangan teknologi 4.0 saat ini, peran internet sangat mendominasi. Terutama dimasa pandemi seperti saat ini membuat internet menjadi kebutuhan utama masyarakat. Bukan hanya orang tua saja, anak-anak pun juga ikut andil dalam penggunaan internet.

Aset Digital

Lantas seberapa penting aset digital bagi seseorang terutama yang menjalankan suatu bisnis?

  • Pemasukan tambahan

Tak jarang masyarakat zaman sekarang mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan mengotak atik handphonenya. Hanya dengan bermodal paket data dan tiduran dikasur bisa membuat uang datang dengan sendirinya.

Itulah mengapa, aset digital saat ini sangat penting untuk dibuat, selain cukup sederhana hal tersebut juga memberikan benefit yang luar biasa

  • Memberikan pelung untuk mengembangkan/meningkatkan penjualan

Aset digital sangat ampuh untuk mendatangkan pelanggan/kostumer dari berbagai daerah. Bahkan dalam hitungan detikpun, bisnis kalian akan banjir orderan.

Maraknya penggunaan internet dimasa ini, tak mungkin rasanya jika harus melakukan promosi kesana kesini berjalan kaki. Maka dari itu, dengan adanya set digital tersebut, bisa membuat bisnis menjadi semakin mudah dan menarik.

  • Membentuk citra/personal branding bisnis Anda

Tidak dapat dipungkiri jika asset digital seperti website bisa membangun personal branding bisnis. Hal tersebut memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan citra kalian dimata masyarakat atau kostumer.

Semakin baik dalam mengolah website untuk berbisnis, maka semakin banyak pula pelanggan yang tertarik mengunjunginya. Bahkan tak perlu waktu yang lama untuk menaikkan penjualan suatu produk.

YUK BANGUN ASET DIGITALMU BERSAMA INDONETWORK

Bagi yang belum paham dengan apa itu aset digital, ga perlu khawatir lagi karena saat ini ada indonetwork.co.id yang senantiasa membantu Anda dalam memajukan bisnis dan juga jasa yang ada. Anda tak perlu susah payah mencari dan menjual barang serta jasa yang diperlukan perusahaan atau seseorang.

Apa itu Indonetwork?

indonetwork.co.id

Indonetwork merupakan Marketplace dan Direktori Bisnis online yang dikenal tidak hanya di kalangan B2B (Business-to-Business) tetapi juga di kalangan B2C (Business-to-Costumer) sebagai portal bisnis UKM  di seluruh Indonesia.

Tak hanya itu, Online business ini juga akan membantu Anda dalam mencari kebutuhan yang diinginkan, dank arena itulah indonetwork hadir untuk mempermudah dalam pencarian tersebut.

Sebagai direktori perusahaan terbesar di Indonesia, indonetwork.co.id hadir menjadi solusi terbaik dan terpercaya bagi bisnis Anda. Semua yang bergabung menjadi member indonetwork.co.id terverifikasi secara jelas. Situs ini juga memiliki pengunjung terbesar di Indonesia setiap harinya.

Untuk menjadi member Indonetwork.co.id, semua perusahaan wajib memiliki SIUP dan NPWP sebagai salah satu syarat mutlak untuk bisa memasarkan produk dan jasa di marketplace B2B Indonetwork.co.id

So, Tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang.

  1. Putri Persada Pertiwi Putri Persada Pertiwi

    Alhamdulillah, isi artikel sangat bermanfaat untuk millenial saat ini 🙂 semangat author!

  2. Anjuna Amelya Anjuna Amelya

    Penjelasannya lengkap banget

  3. Dheyana Dheyana

    Nice one..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *