Press "Enter" to skip to content

11 Tips Jitu Pemilihan Judul PKM Agar Dilirik

milenial 0

Sebuah judul memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembacanya. Tak jarang jika pembaca hanya perlu melihat judul saja dalam mengambil keptusan untuk terus membacanya atau tidak. Judul memang harus membuat karakter tersendiri  agar bisa menjadikan para pembacanya penasaran.

Mungkin banyak yang tau bahwa judul memegang peran yang sangat penting. Dari judul sudah pasti bisa ketebak apa yang ingin penulis infokan kepada para pembacanya. Dan yang lebih parah, kualitas judul menunjukkan bagus tidaknya isi didalam suatu karya tulis seseorang.

Maka dari itu, kalian yang pemula ataupun yang yang sudah lama perlu memperhatikan beberapa hal berikut untuk membuat karya tulis kalian lebih menarik.

Singkat dan Padat

Selain malas untuk membacanya, judul proposal PKM yang panjang cenderung kurang mengena dengan apa yang menjadi sasaran utamanya. Judul tidak boleh bertele-tele, harus singkat dan langsung pada inti yang ingin diberikan sehingga pembaca bisa langsung paham hanya dengan membaca judul.

BACA JUGA: Tips Penulisan Daftar Pustaka yang Berkelas

Tidak Ambigu (bermakna ganda)

Supaya tidak bermakna ganda, buatlah judul penelitian yang mencakup latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan metode yang digunakan. Makna ganda merupakan salah satu hal yang harus dihindari dalam penulisan karya ilmiah, karena karya ilmiah lbih menekankan pada makna tunggal.

Spesifik

Judul penelitian yang memfokuskan pada suatu permasalahan khusus akan lebih disukai daripada judul yang bersifat umum. Lebih bagus lagi jika didukung dengan pembahasan hasil penelitian yang mendalam.

Menggambarkan Kegiatan Penelitian

Begitu membaca judu proposal, sudah ada gambaran pelaksanaan penelitian untuk mempermudah reviewer menafsirkan isi proposal.

Singkatan Judul PKM

Untuk masalah singkatan program atau produk ini mempunyai daya tarik terbesar bagi pembaca. Terkadang banyak dari pembaca yang lebih menyukai penyingkatan pada judul karena tergolong unik.

Contoh:

  • EPO BGT (Kereta Pengikut Otomatis Berbasis Gestur Tubuh)
  • Mr. Romuser (Multirotor Robot Bomb Defuser)

Judul harus Menarik

Tema – tema yang sangat umum atau biasa juga bisa lolos pendanaan asal dapat mengemasnya dengan judul yang sangat menarik. Hal ini dikarenakan judul merupakan first impression dari penilai. Jadi bisa saja jika meski isinya bagus namun judulnya tidak menarik akan membuat proposal mudah untuk ditolak.

Penggunaan Istilah Asing dalam Judul PKM

Ada yang bilang jika judul ada bahasa Inggrisnya (tidak harus semua) maka akan lebih menjual. Hal tersebut karena terkesan lebih intelektual. Meskipun belum tentu merupakan suatu yang kreatif atau isinya bagus. Bahkan banyak mahasiswa yang melibatkan bahasa latin untuk membuat ketertarikan tersendiri bagi para pembaca. Beberapa judul PKM memang sering menggunakan istilah bahasa Inggris bahkan dipadukan dengan singkatan seperti:

Contoh:

  • Exmos De Human (Exterminator of Mosquitos with Detector of Human) Pemanfaatan Sinar untuk Membasmi Nyamuk Terintegrasi Dengan Pendeteksi Manusia
  • Battle Drone: UAV Jet with Subsonic Cruise Missile using Camera System to Reinforce Indonesian Aerospace Military

Gali Isu Terbaru untuk Pembuatan Judul

Pertimbangkan apa yang lagi menyeruak akhir-akhir ini sehingga membuat banyak orang membahasnya. Barangkali ini bisa menjadi modal dalam membuat PKM. Tentu dengan sedikit pendekatan dan perspektif yang menarik akan semakin membuat konsep matang. Pertimbangkan juga data-datanya apakah memang mudah dicari atau tidak.

Tawarkan Program yang Aplikatif

Teori tentang segala ilmu pengetahuan memang sangat penting untuk dipelajari, namun sangat perlu untuk menggali solusi yang aplikatif. Banyak sekali proposal – proposal yang memiliki tema aplikatif yang lolos ke PIMNAS.

Jadi penulis harus menciptakan sesuatu yang bisa memudahkan pekerjaan banyak orang. Dengan cara ini proposal akan lebih menarik ketika ditinjau oleh tim penilai

Hindari Kata Klise

Hindari penggunaan kosakata yang sering dipakai dalam judul. Pilih kosakata yang ilmiah,  baku, dan relevan    agar tidak terkesan monoton dan biasa.

Tidak Sama Persis Dengan Judul Penelitian Sebelumnya

Meskipun dalam penelitian yang sama, usahakan memodifikasi lagi kata-kata yang sudah dipakai sebelumnya agar menimbulkan kesan berbeda. Dengan penggunaan judul yang sama maka dikhawatirkan melakukan plagiarism yang tentunya sangat merugikan dan bahkan kemungkinan besar tidak akan lolos penilaian proposal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *